.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Minggu, 05 Mei 2013

Materi kelas 4 semsester 2 Pecahan

SK:6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah

KD:

6.3  Menjumlahkan pecahan
6.4   Mengurangkan pecahan

1.    Pecahan senilai
Berapa bagiankah permukaan yang berwarna merah pada persegi panjang -persegi panjang berikut?
Bentuk dan ukuran dari ketiga persegi panjang di atas sama. Bagian permukaan yang berwarna merah pada ketiga persegi panjang tersebut adalah sama. Artinya,  =     =   . Mengapa demikian?
Ternyata, kita dapat mengubah suatu pecahan menjadi pecahan lain yang senilai dengan cara mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama, kecuali nol.

2.      Menjumlahkan dan Mengurangkan pecahan berpenyebut sama
§  Kedudukan + dan – adalah setingkat
§  Kedudukan x dan : adalah setingkat 
§  x dan : lebih tinggi tingkatannya daripada + dan –
§  Pengerjaannya urut dari kiri ke kanan
§  Pengerjaan hitung yang lebih tinggi tingkatannya harus dikerjakan terlebih dahulu
§  Jika terdapat tanda kurung ( ) maka yang ada didalam kurung dikerjakan terlebih dahulu


Aturan tingkatan operasi hitung :









Cara untuk menjumlahkan maupun mengurangkan dua pecahan yang sama penyebutnya  adalah dengan menambah atau mengurangkan pembilangnya saja. Mengapa? Perhatikan contoh berikut!
Contoh:
Operasi penjumlahan 
Operasi pengurangan

Contoh lain:

Dapat kalian lihat, untuk mengurangkan pecahan dengan penyebut sama kita hanya perlu mengurangkan pembilangnya saja, sedangkan penyebutnya tetap.
Maka bila kita akan mengurangi  dengan , penyelesaiannya adalah sebagai berikut:

3.      Menjumlahkan dan Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama
Untuk dapat menjumlahkan atau mengurangkan dua pecahan yang penyebutnya tidak sama, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyamakan penyebutnya. Setelah penyebut kedua pecahan sama, baru kita dapat  melakukan operasi penjumlahan atau pengurangan. 
Mengapa kita perlu menyamakan penyebut sebelum melakukan penjumlahan dan pengurangan pada pecahan? Perhatikan contoh di bawah ini!
Jika Ana mempunyai 1/2 kg tepung, kemudian 1/4 kg tepung dipakai untuk membuat kue, berapa kg tepung yang tersisa?
Benar, sisanya 1/4 kg
 Jadi dapat kita tulis kalimat matematikanya sebagai berikut:


            -  =  -
=
=
Kalian masih ingat  materi tentang pecahan yang senilai bukan?
bukankah   senilai dengan   ?
Jadi kalimat matematika di atas dapat juga kita tulis:   -  =  
 Contoh ke dua misalnya warga sebuah kampung sedang melakukan pengerasan jalan kampung sepanjang 1/2 km, hingga pukul 12 siang baru 1/5 km jalan yang selesai dikerjakan, berapa kilometer jalan yang belum selesai dikerjakan?
perlu kalian ingat, 1/2 km = 500 m, dan 1/5 km = 200 m
Jadi jalan yang belum diaspal sepanjang 500 - 200 m = 300 m (300 m = 300/1000 km = 3/10 km)
Maka dapat ditulis:
              -  =  atau    -  =    

Perhatikan juga gambar di bawah ini!


Setelah mengamati contoh-contoh di atas, dua hal yang harus kalian ingat,
pada operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan yang perlu kita tambah/kurangi hanya pembilang-nya, sedangkan penyebut-nya tetap.
 Menyamakan penyebut dilakukan untuk mencari pecahan senilai yang penyebutnya merupakan KPK atau FPB dari penyebut kedua pecahan yang akan kita kurangkan.

Contoh soal :
a.  Penjumlahan


b.  Pengurangan

Pengurangan pecahan dengan bilangan cacah caranya dengan meminjam 1 dari bilangan bulat yang akan dikurangi,



contoh :
3 -   = = (2+1) -  
 = 2 + (1-   )
 = 2 +    
 = 2   


sumber: 
http://www.crayonpedia.org/mw/BAB.5_PECAHAN 
http://www.arrayhan.com/2011/10/matematika-bilangan-pecahan-bab-6.html http://belajar.indonesiamengajar.org/2013/01/mengenal-dan-menjumlahkan-pecahan-sederhana/ http://artikel-kependidikan.blogspot.com/2011/06/mengurangkan-pecahan-berpenyebut-sama.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar